sejarah mesin diesel
Seorang penemu / peneliti bernama street melakukan
penelitiannya,. Perkembangan motor pembakaran dalam(ICE) pada tahun 1794. hasil
dari perkembangan tersebut adalah motor diesel sekarang. Selanjutnya
dikembangkan oleh seorang insinyur muda berkewarganegaraan perancis yang
bernama Sadi Carnet pada tahun 1824.
Idenya dijadikan dasar dalam perkmbangan motor diesel. Dia
menyatakan bahwa udara murni yang dimampatkan tersebut dengan perbandingan 15:1
akan menghasilkan udara yang panas untuk menyalakan kayu kering. Udara yang
digunakan untuuk pembakaran motor hendaknya dikompresikan dengan perbandingan
yang besar sebelum dinyalakan. Dia juga menyatakan bahwa dinding silinder
hendaknya didinginkan, karena panas dari dari pembakaran akan mempengaruhi
kinerja motor.
Pada tahun 1876 Dr. Nickolas Otto mebuat
konstruksi motor pembakaran dalam 4 langkah yang menggunakan bahan bakar bensin
menggunakan penyalaan api. Pada tahun 1892 seorang insinyur muda
berkewarganegaraan german yang bernama Dr. Rudolf Diesel berhasil
membuat motor penyalaan kompresi menggunakann bahan bakar serbuk batu bara
menggunakan prinsip penyalan bahan bakar dan udara.
Dengan perkembangan sistem pompa injeksi bahan bakar yang
benar-benar dapat disebut “mini” oleh seorang penemu yang berkewarganegaraan
german bernama Robert Bosch pada tahun 1927 membebaskan motor
diesel dari masalah memakan tempat. Sistem injeksi pompa Robert Bosch yang
ukurannya mini dari karburator, beratnya ringan dan governer yang menyatu
(built-in) sehingga tidak ada lagi sistem pengabutan udara yang banyak makan
tempat untuk kompresor,pipa-pipa dan pengontrol klep. Pompa injeksi motor diesel
dapat diatur sesuai pembebanan, sedangkan kondisi kecepatan motor dapat atau
lebih baik dari karburator motor bensin.
Dengan perkembangan pompa rotari yang lebih kecil
penampilannya juga bobotnya yang lebih ringan yang dikembangkan oleh Vernon
Rosa pada tahun 1950-an. Motor diesel akhirnya memasuki perkembangan pemakaian
dan pemasaran yang lebih luas. Perkembangan lain dari motor diesel adalah dengan
penambahan sebuah turbocharger yaitu alat untuk memasukkan (memompakan) udara
kedalam saluran masuk (intakemanifold). Pompa turbocarjer ini digerakkan oleh gas
buang yang kedalam turbocharger tersebut. Dengan adanya turbocharger ini maka
akan menurunkan asap gas buang. Akhirnya motor diesel seperti ini keadaanya
sekarang menjadi motor yang benar-benar efisien, ringan dan bebas polusi udara.
Informasi penting nih gan bagi para toko mesin :D Thanks gan, keep writing! :D
BalasHapus